STUDI TERBARU, MUSIK POPULER JADI MAKIN SEDIH DAN MARAH

source: google

Sebuah studi akademik mengklaim kalau lagu-lagu yang cukup populer dikalangan anak muda, jadi semakin sedih dan marah selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Hal ini terlihat dari penemuan yang dilakukan oleh dua orang peneliti yang mempelajari lirik-lirik dari lagu pop anyar.

Lebih dari sekitar 6.000 lagu yang semuanya berada di chart Billboard Hot 100 antara tahun 1951 sampai 2016, yang dianalisa menggunakan IBM Watson artificial intelligence platform. Program ini menganalisa “sentiment” dari setiap lirik lagu dan melihat kata atau frasa mana yang dapat diasosiasikan dengan emosi (termasuk perasaan marah, takut, jijik, senang, dan sedih) sebelum lagu-lagu tersebut diberikan tingkat kesedihan dari 0 – 1.

Hasilnya, nilai rata-rata untuk rasa takut, jijik, marah, dan sedih dalam setiap chart ditahun yang berbeda meningkat per dekade, sementara rasa senang menurun. Sebagai perbandingan, lagu ‘Blueberry Hill’ di tahun 1956 dari Fats Domino’s mendapatkan score kesenangan 0.89, berbeda dengan lagu ‘Stay With Me’ milik Sam Smith di tahun 2015 yang hanya punya nilai 0.15 untuk emosi yang sama.

Source: NME.com

Ditulis Ulang: Ganis Tyawangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *